My Family

My Family

Daftar Blog Saya

Jumat, 13 November 2009

UJIAN AKHIR SEMESTER

Mata Kuliah : Ekonomi Manajerial
Dosen : Dr. Husein Umar, SE, MBA
Hari dan Waktu : Minggu, 19 April 2009
Jam 13.00 – 15.00 WIB
Sifat Ujian : Tutup Buku / Catatan



Ujian ini terdiri dari 5 soal.

1. Soal berikut berkaitan dengan sistem ekonomi. Jelaskan secara singkat dan padat maksud dari istilah-istilah berikut dan manfaat informasinya bagi manajemen, berikut contoh.

a. Inflasi : gejala kenaikan harga secara umum artinya semua harga terpengaruhi oleh karena terlalu banyak uang mengejar jumlah barang yang jumlahnya tidak bertambah.
b. Deflasi : Suatu periode dimana harga2 secara umum jatuh dan nilai uang terus bertambah atau penurunan tingkat harga umum karena kurangnya jumlah uang yang beredar
c. Kurs mata uang : sebuah perjanjian yang dikenal sebagai nilai tukar mata uang terhadap pembayaran saat kini atau dikemudian hari, antara dua mata uang masing-masing negara atau wilayah.
d. Suku bunga bank
e. PDB (Product Domestic Bruto) :
PDB atau GDP (Gross Domestic Product) mengukur total pendapatan suatu negara dan pengeluaran negara tersebut. Jadi, PDB mengukur aliran uang dalam perekonomian.
PDB dapat dihitung dari beberapa pendekatan di antaranya, yaitu :
1.Pendapatan, yaitu dengan menjumlahkan nilai tambah balas jasa
bruto dari semua sektor menggunakan aliran pendapatannya.
2.Pengeluaran, yaitu dengan menjumlahkan permintaan akhir dari unit-
unit ekonomi, yaitu end-user, industri, dan pemerintah.
f.Saham :
g.Ekspor-impor :

2.Di dalam konsep keseimbangan permintaan barang dan jasa oleh konsumen dan penawaran barang dan jasa oleh produsen, ditemukan titik temu keduanya sebagai titik ekuilibrium.

a.Jelaskan secara padat berikut contoh bagaimanakah reaksi beli konsumen jika produsen suatu barang inferior (misalnya garam, abu gosok) harganya masing-masing dinaikkan atau diturunkan.
b. Jelaskan secara padat berikut contoh bagaimanakah reaksi beli konsumen jika produsen suatu barang mewah (misalnya mobil, elektronik) harganya masing-masing dinaikkan atau diturunkan.

3.Fungsi-fungsi organisasi di antaranya adalah fungsi keuangan, sumberdaya manusia, pemasaran, dan produksi/operasi. Jelaskan masing-masing tiga tugas pokok dari setiap fungsi.

4.Metode Statistika berperan penting untuk mengolah dan menganalisis data agar mampu menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan manajemen. Dua di antaranya adalah berguna dalam rangka memprediksi suatu tertentu di masa datang dan memprediksi suatu tertentu disebabkan oleh faktor-faktor lain, misalnya mengenai pendapatan usaha. Jelaskan maksud manfaat dari dua metode statistika tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar